SELAMAT DATANG DI BLOG PEMASARAN KAMI..Kami menyediakan bekatul organik curah murni , Tepung Rice Bran curah, bubur bekatul curah organik. Kami juga melayani bagi mitra yang ingin membuat merk sendiri. Hubungi kami jika anda butuh bantuan. Terima kasih

Selasa, 23 Oktober 2012

Bubur Bekatul Penurun Kolestrol

indosiar.com, Madiun - Bekatul atau sisa padi yang telah digiling biasanya hanya dikenal sebagai pakan ternak. Tapi di tangan warga Mau Pati Magetan, Jawa Timur, bekatul bisa diolah menjadi jenang atau bubur nikmat yang konon bisa membuat orang ketagihan saat mencicipinya. Jenang bekatul bahkan diyakini baik untuk kesehatan karena mampu menurunkan kadar kolestrol dalam darah.
Bekatul atau sisa gilingan padi yang selama ini kerap indentik dengan makanan ternak ternyata bisa menjadi makanan enak. Seperti yang kerap dilakukan warga Mau Pati Magetan, Jawa Timur yang mengolah betakul menjadi jenang atau bubur.
Cara membuat bekatul menjadi jenang relatif mudah. Mula - mula bekatul dijemur sebentar, lalu disaring untuk memisahkannya dari butiran yang kasar. Bekatul yang halus ini kemudian dicampur dengan air santan dan garam secukupnya, dan direbus hingga matang. Bila ingin rasanya manis saat akan disantap pada jenang bisa ditambah air gula merah.
Jenang bekatul ini lebih nikmat disantap saat masih hangat. Rukini mengaku memperoleh resep membuat jenang bekatul dari orangtuanya. Jenang bekatul bahkan menjadi panganan favorit keluarga. Selain rasanya gurih dan nikmat, jenang bekatul juga menyehatkan, karena diyakini mampu menurunkan kadar kolestrol dalam darah.
Untuk membuatnya pun tidak perlu merogoh kocek terlalu dalam, karena harga bekatul relatif murah hanya 900 rupiah perkilogram.

 http://www.indosiar.com/fokus/jenang-bekatul-penurun-kolestrol_63033.html

Tidak ada komentar: